Cara Edit Template Menjadi Template SEO Friendly

Haloo.....  Top Tutorials kali ini akan berbagi kepada kawan blogger, terutama yang ingin tahu tentang Cara Mengedit Template Menjadi SEO Friendly. Membuat template menjadi SEO Friendly merupakan salah satu teknik bersaing dalam SEO(Search Engine Optimization).

Dalam postingan ini berisi pengetahuan dan cara bagaimana usaha blog top tutorials bisa ikut bersaing dalam SEO dan terutama masuk dalam Indeks Google. Tapi bila masih ada yang kurang menurut kawan blogger, tolong sampaikan yah melalui kotak komentar yang disediakan di bawah. :D 
Tutorial membuat template menjadi seo friendly ini juga berperan untuk meningkatkan SERP dari blog kawan blogger sekalian. Apa itu SERP?

Sudah tau belum SERP... Jika sudah tahu, atau belom tahu juga ngak apa2.. langsung aja kita bahas bersama langkah-langkah membuat /  Mengedit Template Menjadi Template yang Seo Friendly...

Yang Pertama : Page Title / Judul Halaman
Ubah jenis script html <title> yang ada di blog kawan blogger jika, dalam blogger masih menggunakan jenis penulisan Page Title seperti : "<title><data:blog.pageTitle/></title>" berikut cara merubahnya : masuk ke akun kawan blogger -> kemudian edit template -> cari sintak html (Ctrl+F) seperti :

      <title><data:blog.pageTitle/></title>

Ubah seperti sintak html diatas  menjadi seperti berikut:
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | Kata kunci sobat | Kata kunci sobat </title>
</b:if>

Yang Kedua : Meta Tag
pasang meta tag pada blog kawan blogger. Seperti  ini :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog anda" />
<meta name="keywords" content="Kata kunci , kata kunci, kata kunci, kata kunci , kata kunci" />
</b:if>
caranya yaitu copy script html di atas dan masukkan di template sobat sebelum kode
<b:skin><![CDATA[/*
  -> Lalu Simpan/ Klik Save


*tambahkan juga meta tag lain-nya seperti meta tag googlewebmastertools, bing webmaster tools, alexa, meta robot, dan lainnya.

Yang Ketiga : Google Analytics
Jangan lupa kawan blogger daftarkan blognya di Google Analytics. Hal tersebut sangat di sarankan karna Om' google sangat senang blog yang terdaftar di Google Analytics. Selain itu juga terdaftar di Google Webmaster Tools. Setelah daftar, jangan lupa masukkan nomer " Analytics Web Property ID" dan masukkan ke akun kawan blogger, caranya yaitu :
Setting -> Other -> Cari Analytics Web Property ID
* Jika anda belum tahu caranya, lihat tutorialnya di Cara Mendaftar di Google Analytics ,dan juga
   Cara Mendaftar Google Webmaster Tools

Yang Keempat : Menu Navigasi (Breadcumbs)
Menu Navigasi (Breadcumbs) adalah menu yang ada di atas blog, seperti menu Home, About, Contact, Privacy Policy, dll. Seperti pada breadcumbs blog Tutorials di bawah ini

*oh iya sekedar saran, jangan lupa untuk menyediakan Privacy Policy & Term Conditions. Alasanya, karena Om' google sangat menyenangi hal itu.

Yang Kelima : Related Post (Postingan Terkait)
Related Post sangat friendly dengan blog kawan blogger. Bagi kawan blogger yang belum tahu caranya atau masih bingung untuk memasangnya, silahkan gunakan saja "Linkwithin" penggunaanya sangat mudah dan langsung terpasang di blog kawan blogger.

Yang Keenam : Tag Heading Post
Teknik tag heading post ini juga sangat disukai oleh google. Caranya cari kode seperti di bawah ini
<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>
 
 Untuk warna merah yaitu h3, ganti menjadi h2 dan apabila pada blog kawan blogger bukan h3 melainkan h2, ganti menjadi h1 seperti itu.

Yang KetujuhKonten (Content)
Buat konten blog kawan blogger jadi ringan, penggunaan tampilan(css) dan javascript(js) sedikit dikurangi. Namun buat blog kawan blogger tetap menarik untuk dilihat dan dikunjungi. Saya menyarankan juga untuk memilih template yang tidak hanya seo friendly tapi juga yang Responsive.

Hanya itu yang Top Tutorials bisa bagi kepada kawan blogger semua... mengenai Cara Edit Template Menjadi Template SEO Friendly semoga ini bisa membantu kawan blogger dalam bersaing mengambil hati dari Om' Google.. :D  Sampai jumpa di postingan Top Tutorials selanjutnya.....
da dah.....